Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk membuat anak berkembang seimbang, orangtua perlu menerapkan metode diet bermain gadget dengan playplate (www.learningworkforkids.com) yaitu suatu cara yang digunakan orangtua untuk mengelola waktu bermain bagi anak dalam sehari.

Berikut bentuk kegiatan bermain yang diatur dalam playplate :

  1. Bermain Aktif (Active Play)
    Bermain aktif adalah segala bentuk  kegiatan fisik yang dilakukan oleh anak-anak dan terdiri dari permainan yang dapat merangsang perkembangan motorik mereka, misalnya berguling, melompat, berjalan di titian dan lain sebagainya.

  2. Bermain Sosial (Social Play)
    Segala bentuk kegiatan bermain yang melibatkan aktivitas sosial bersama teman, sehingga anak akan belajar memahami kerja sama, menunggu giliran, bersabar, dan mengekspresikan diri secara positif, misalnya bermain rumah-rumahan, bermain masak-masakan, dan lain sebagainya.

  3. Bermain Kreatif (Creative Play)
    Segala bentuk kegiatan bermain yang mendorong anak untuk dapat mengekspresikan diri, berimajinasi, berkhayal, atau menciptakan cerita.

  4. Bermain Digital (Digital Play)
    Segala bentuk permainan yang disajikan dalam bentuk digital dan menggunakan kemajuan teknologi untuk bermain, misalnya dengan menggunakan CD, DVD untuk mendengarkan musik dan mononton film, laptop atau komputer, dan permainan elektronik lainnya yang mendukung perkembangan anak seperti permainan yang menggunakan baterai dan mengeluarkan suara-suara yang bervariasi. Sebagai catatan, orangtua perlu sekali memantau penggunaan barang-barang elektronik tersebut dan membatasi penggunaannya dengan bijaksana.

  5. Bermain Bebas (Free play)
    Segala bentuk permaian bebas, tanpa aturan terstruktur dan batasan yang ketat sehingga anak bebas untuk mengembangkan hobbi dan minatnya pada beragam kegiatan.

Nah Moms, kalau boleh tahu si kecil sudah melakukan kegiatan bermain yang sesuai playplate?