Saat ini, menjaga kondisi imun di masa pandemi COVID-19 sangatlah penting untuk dilakukan semua orang, tak terkecuali anak-anak. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga imun anak-anak adalah dengan tidur secara cukup.

Tidur merupakan hal yang sangat esensial bagi anak-anak. Cukup atau tidaknya waktu tidur anak akan sangat memengaruhi kesehatan mereka.

Bahkan saat ini, memiliki waktu tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga. Dengan tidur yang cukup berarti anak memiliki kesempatan untuk mengisi lagi energi mereka.

Berapa Jam Anak Seharusnya Tidur dalam Sehari?

Ternyata ada beberapa rekomendasi waktu tidur sesuai dengan usia anak loh, seperti ini:

  • Batita 1-3 tahun: 12-14 jam per hari
  • Anak 3-6 tahun: 10-12 jam per hari
  • Anak 7-12 tahun: 10-11 jam per hari
  • Anak 12-18 tahun: 8-9 jam per hari

Selain kuantitas waktu, kita juga harus memperhatikan kualitas tidur anak. Kualitas mengacu pada seberapa nyenyak anak Anda ketika tidur. Salah satu tanda tidur anak tidak berkualitas adalah ketika mereka gelisah saat tidur atau sering terbangun.

Untuk memperoleh tidur yang berkualitas, pastikan lingkungan tidur mereka tenang dan tidak berisik. Tak kalah penting, hindarkan mereka dari penggunaan gadget beberapa saat sebelum tidur.

Anak Kurang Tidur Rentan Tertular COVID-19?

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak kebiasaan kita saat ini. Mulai dari cara berinteraksi, bekerja, dan sekolah.

Dampak terbesar bagi anak-anak adalah mereka diharuskan belajar online, karena untuk sementara seluruh kegiatan tatap muka di sekolah ditiadakan oleh pemerintah.

Karena terus berada di rumah, sebagian anak dapat mengalami gangguan pada jam tidur mereka. Jika pada saat sekolah dulu mereka terbiasa memiliki jadwal tidur yang tetap, saat ini tidak. Mereka tidur dan terbangun pada waktu yang bervariasi. Kadang mereka tidur pagi dan siang hari, sehingga pada malam hari mereka tidak bisa lagi tertidur.

Lalu, dampaknya ketika waktu tidur anak tidak cukup dari yang telah direkomendasikan? Banyak.

Namun, salah satu yang patut diperhatikan adalah dampaknya pada sistem pertahanan tubuh mereka. Hal ini perlu jadi perhatian khusus, mengingat kondisi pandemi saat ini yang masih cukup mengkhawatirkan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan kaitan yang erat antara kurang tidur dengan menurunnya sistem imun.

Anak-anak yang kurang tidur menunjukkan penurunan kadar sel T (salah satu sel imun), dan sebaliknya, terjadi peningkatan berbagai sel-sel radang. Kondisi tersebut akan mempermudah anak untuk tertular berbagai infeksi. Salah satunya infeksi COVID-19.

Selanjutnya, pada saat tidur, tubuh memproduksi sel-sel imun (sitokin) yang berperan besar untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Jadi sebenarnya, tidur adalah saat di mana tubuh bertarung dengan berbagai agen penyebab infeksi. Nah, jika waktu tidur berkurang maka tentu saja akan mengurangi kemampuan pertahanan tubuh.

Kiat Agar Kebutuhan Tidur Anak Terpenuhi

Memenuhi kebutuhan tidur buah hati Anda selama masa pandemi ini sangatlah penting. Maka dari itu, terapkan beberapa tips berikut agar anak Anda bisa tidur dengan baik:

  1. Atur Waktu Tidur Rutin Anak
    Anda bisa melakukannya dengan terus menjelaskan kepada anak pentingnya tidur tepat waktu. Selain itu, lakukan berbagai kegiatan rutin sebelum tidur, misalnya membaca buku, agar mereka terbiasa untuk tidur setelah kegiatan tersebut.
  2. Pastikan Lingkungan Kamar Anak Tenang dan Nyaman
    Lingkungan yang bising atau kondisi kamar yang tidak nyaman dapat mengganggu waktu tidur anak Anda.
    Sebisa mungkin hindari kebisingan di sekitar kamar anak, perhatikan kenyamanan kasur, dan atur suhu yang sesuai agar mereka bisa tidur dengan nyaman. Ajarkan anak Anda tidur dalam keadaan gelap agar lebih nyenyak.
  3. Hindarkan Benda-Benda Elektronik Sebelum Tidur
    Pastikan anak Anda tidak bermain gadget satu jam sebelum tidur. Baik itu ponsel, televisi, dan video games. Hal ini dapat membantu mereka untuk tidur tepat waktu.
  4. Penuhi Nutrisi Anak Anda
    Berikan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, serta berbagai sumber protein seperti ikan, telur, dan daging. Anda juga bisa menambahkan susu UHT Ultra Mimi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian mereka.

Kekurangan tidur pada anak-anak bisa membuat mereka lebih mudah sakit. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan cara-cara yang telah dijelaskan, agar anak dapat tidur dengan lebih baik.

Untuk membaca artikel kesehatan lainnya seputar tumbuh kembang anak, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Di aplikasi ini, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam.