Hai, Moms. Setelah membaca artikel "Memilih Sekolah yang Tepat Bagi Si Kecil (Part 1)" Moms pasti jadi ingin lebih tahu tentang hal-hal terpenting lain yang tidak boleh terlewatkan saat memilih sekolah untuknya. Berikut lanjutannya, ya. Yuk dibaca dan dicatat :)
 
1. Perhatikan aspek bahasa. Ada beberapa sekolah yang menawarkan program pendidikan bilingual atau dua bahasa. Untuk memutuskan apakah si kecil cocok atau tidak, Moms perlu memperhatikan proses tumbuh kembangnya di area bahasa. Jika si kecil mengalami keterlambatan di usianya, pilih sekolah yang memiliki satu bahasa saja agar si kecil tidak kebingungan dalam penggunaan bahasa dan berkomunikasi. Namun jika si kecil memiliki kemampuan bicara yang berkembang dengan baik, mereka bisa diberikan stimulus dua bahasa.
 
2. Jarak tempuh dari rumah ke lokasi sekolah perlu diperhatikan. Apabila lokasi jauh dari rumah maka  si kecil beresiko mengalami kelelahan fisik dan memungkinkan munculnya masalah perilaku seperti rewel, ngambek, mogok, kesal dan marah. 
 
3. Fasilitas yang diberikan pihak sekolah juga perlu diperhatikan ya Moms. Seperti fasilitas kebersihan atau ketersediaan toilet bersih, fasilitas keamanan (Security dan CCTV)  serta fasilitas ruang bermain indoor atau outdoor yang memadai. 
 
4. Pertimbangan  faktor biaya yang dikeluarkan.  Banyak orangtua rela membayar mahal agar anaknya memperoleh pendidikan terbaik. Tapi,  tidak ada salahnya jika orangtua tetap memperhitungkan apakah biaya yang dikeluarkan sesuai dengan apa yang didapat si kecil bila bersekolah di sana. Uang sekolah yang tinggi tentunya tidak sesuai apabila fasilitas dan program yang diberikan kurang memadai. 
 
Sebelum memutuskan sekolah mana yang akan dipilih, lakukan survey terlebih dahulu ya, Moms. Ikuti beberapa open house yang diselenggarakan pihak sekolah untuk menentukan sekolah mana yang terbaik bagi si kecil. Selamat memilih sekolah, Moms :)