Pilihan sekolah di masa kini kian beragam dan variatif bagi anak. Setiap sekolah menawarkan fasilitas, kurikulum, pendekatan pendidikan dan biaya yang berbeda-beda. Dari beragam pilihan yang ada, seringkali membuat orangtua mengalami kesulitan untuk menentukan sekolah mana yang tepat untuk si kecil. Sebagai orangtua, Moms harus bersikap kritis terhadap berbagai tawaran yang diberikan sekolah sehingga tidak salah menentukan pilihan. Memilih sekolah yang tepat di saat anak berusia kanak-kanak dan SD merupakan investasi jangka panjang, sehingga perlu berhati-hati. 
 
Sebenarnya apa saja ya  yang harus diperhatikan orangtua ketika memilih sekolah buat si kecil ? 
 
  1. Pertimbangkan usia anak saat memutuskan untuk memasukkannya ke sekolah. Terlalu dini memasukkan anak ke institusi pendidikan akan berakibat negatif pada perkembangan psikologisnya, seperti kelelahan secara mental, demotivasi dan tidak produktif. Di usia 3,5 tahun, si kecil sudah mulai dapat dikenalkan dengan konsep pra sekolah, namun dengan jam belajar yang variatif dan durasi jam sekolah yang pendek (sekitar 1-2 jam di sekolah).

  2. Masa kanak-kanak adalah masa bermain, sehingga pilihlah sekolah yang memiliki pendekatan belajar sambil bermain. Anak harus diberikan kebebasan untuk melakukan eksplorasi terhadap lingkungannya, seperti bermain langsung di alam sekitar. Biasanya konsep ini banyak diberikan oleh sekolah alam. Namun ada pula sekolah dengan pendekatan active learning, di mana anak banyak dilibatkan pada kegiatan kreasi dan berpikir kritis. 

  3. Pilih institusi pendidikan dengan guru-guru yang dapat menerima setiap anak apa adanya dan bisa mengembangkan lingkungan disiplin secara positif. Moms dapat melakukan wawancara kepada orangtua lain yang telah terlebih dahulu menyekolahkan anak-anaknya di sekolah tersebut. Jangan lupa untuk menggali informasi lebih detil dengan pihak sekolah itu sendiri, ya.
 
Selain ketiga hal ini, Moms juga harus memperhatikan 4 hal penting lainnya, lho. Kira-kira apa, ya? Yuk simak artikel kami selanjutnya “Memilih Sekolah yang Tepat Bagi Si Kecil (Part 2)”. Selamat memilih sekolah untuk si kecil, ya :)