dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedscHons (Redaksi Klikdokter)

 

Apakah si Kecil menyukai susu cokelat? Jangan takut memberikannya! Sebab, manfaat susu cokelat juga baik bagi perkembangannya. Tak sedikit orang tua yang enggan memberikan susu cokelat pada anak, karena khawatir dengan kandungan gula yang tinggi dan berisiko memicu obesitas. Padahal, makanan dan minuman yang manis sebenarnya tak masalah dikonsumsi anak-anak, selama dibatasi. Susu cokelat sendiri juga baik bagi tubuh anak.

 

Sama seperti susu biasa

Dijelaskan oleh P.K. Newby yang merupakan ahli nutrisi, susu merupakan sumber protein, vitamin D, kalsium, dan potasium yang sangat dibutuhkan tubuh. Hal ini tak terkecuali pada susu cokelat.

“Susu cokelat juga bernutrisi sama seperti susu biasa. Jadi, sebagai orangtua, Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkannya," ucap Newby seperti dikutip dari situs Baby Center. Berikut ini adalah manfaat susu cokelat bagi anak Anda:

  • Sumber energi

Segelas susu cokelat setiap hari dapat meningkatkan stamina anak dalam menjalani kesehariannya. Bila anak memiliki segudang aktivitas yang menguras tenaga setiap harinya, segelas susu cokelat akan memberikan nutrisi bagi otot anak sehingga lebih berenergi dan bebas bergerak.

Dalam segelas susu cokelat terkandung kalsium sebanyak 25 persen dari angka kecukupan gizi harian anak. Tak hanya itu, kandungan protein dan karbohidrat pada segelas susu cokelat pun bisa meningkatkan kerja otot dan membuatnya aktif sepanjang hari.

  • Alternatif rasa agar tak mudah bosan dengan susu

Bagi anak yang tidak menyukai susu putih, susu cokelat bisa dijadikan alternatif yang lezat untuk membantu memenuhi asupan gizi anak.

Dalam produk susu juga terdapat sembilan nutrisi yang penting untuk kesehatan, termasuk kalsium, vitamin D, dan kalium yang kandungannya sedikit dalam makanan anak-anak.

  • Menggantikan minuman yang kurang sehat

Bila anak Anda suka minuman bersoda atau minuman manis lain, maka susu cokelat bisa menjadi solusinya untuk menggantikan jenis minuman tak sehat tersebut.

Sebab, minuman soda berkarbonasi atau minuman manis lainnya seringkali memiliki kandungan gula yang jauh lebih tinggi daripada susu cokelat. Setidaknya, susu cokelat masih lebih sehat dan tentunya enak dikonsumsi.

 

Memilih susu cokelat yang sehat

Banyak yang tidak mau memberikan susu cokelat karena khawatir akan kalori yang terkandung dalam susu cokelat. Sebagai pilihan yang lebih aman, Anda bisa memilih jenis susu rendah lemak dan rendah gula. Hal ini bisa Anda perhatikan dengan membaca label nutrisi pada kemasan sebelum membeli susu.

Berikut ini perbandingan label nutrisi susu (per porsi 8 ons) yang menunjukkan berapa banyak kalori yang akan diperoleh anak-anak Anda dari minum setiap jenis susu:

  • Susu murni: 150 Kalori–8g Lemak
  • Susu rendah lemak (lemak2 persen): 120 Kalori–4,5g Lemak
  • Susu rendah lemak (lemak1 persen): 100 Kalori–2.5g Lemak
  • Susu skim (tanpa lemak): 80 Kalori–0g Lemak

Agar kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi, ketahuilah jenis susu yang terbaik bagi anak Anda.

 

Tips minum susu agar lebih seru

Ketika momen minum susu tiba, mungkin saja anak akan bosan dengan cara mengonsumsi susu yang sama. Nah, berikut adalah beberapa tips agar anak Anda tidak bosan dengan susu:

  • Berikan anak susu dengan sedotan bervariasi, yang berbentuk lingkaran-lingkaran atau bentuk hati
  • Olah susu menjadi es krim susu
  • Berikan tambahan meises warna-warni, sehingga anak pun senang

Tapi, hati-hati. Terus-menerus menawarkan susu cokelat bisa membuat anak tak menyukai rasa makanan lain seperti sayuran hijau dan air putih. Pedoman Diet 2015-2020 dari Amerika merekomendasikan konsumsi gula tambahan per hari kurang dari 10 persen kalori.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi seputar kebutuhan nutrisi anak dan dosis konsumsinya. Sehingga, gizi anak tercukupi, namun ia terbebas dari risiko obesitas pada anak.

Porsi susu harian yang direkomendasikan untuk anak yaitu 3 cangkir susu (660 ml) dengan tambahan produk susu tanpa lemak dan rendah lemak untuk usia 9 tahun ke atas serta 2,5 cangkir susu(550 ml) per hari untuk anak-anak 4-8 tahun.

Manfaat susu memang amat baik bagi pertumbuhan anak. Memberikan variasi susu cokelat dapat menjadi alternatif anak tak bosan untuk minum susu. Untuk hasil yang maksimal, berkonsultasilah dengan dokter mengenai asupan makanan yang terbaik sesuai dengan usia anak.

 

Sumber :

https://www.everydayhealth.com/kids-health/0414/is-chocolate-milk-healthy-for-kids.aspx https://www.milkmeansmore.org/should-children-drink-chocolate-milk/