Penulis: Irma Gustiana Andriani, M.Psi, Psi

 

Bermain adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi anak. Selain bermain sendiri, anak juga perlu dipasangkan untuk bermain bersama baik dengan teman, pengasuh, sauadara, ataupun orangtua. 

 

Melibatkan anak dengan bermain secara bersama-sama memberikan dampak yang baik untuk perkembangan anak. Apalagi saat bermain, orangtua bisa ikut terlibat bersama anak. Apa saja manfaat bermain bersama anak? 

1. Membangun kedekatan emosional.

Bermain bersama adalah salah satu alat paling efektif dalam membangun hubungan yang kuat dengan anak karena dapat menambah sukacita, vitalitas, dan perasaan bahagia. Melalui bermain, anak-anak belajar untuk memercayai orang lain dan merasa aman.

Dengan memasukkan humor dan bermain dalam interaksi sehari-hari dengan anak-anak, orangtua dapat meningkatkan kualitas hubungan lebih mendalam. Bermain dan tertawa memainkan peran penting dalam membangun hubungan orangtua-anak yang kuat, sehat ,akan terasa lebih dekat, menciptakan ikatan positif, dan menyelesaikan konflik. 

2. Mengembangkan keterampilan sosial anak.

Bermain dengan anak adalah salah satu cara untuk membantu kembangkan keterampilan sosial dan pengendalian diri. Ketika mereka berinteraksi dengan orangtua dan orang lain, mereka akan belajar bagaimana orang berperilaku dalam lingkungan sosial. Selain itu, penelitian telah mengaitkan permainan orangtua-anak dan permainan fisik dengan pengembangan keterampilan khusus termasuk:

  • Kreativitas,
  • Memori kerja,
  • Keterampilan motorik kasar,
  • Fleksibilitas kognitif,
  • Regulasi emosi, dan
  • Keterampilan kepemimpinan kelompok sebaya.

3. Membantu anak mengembangkan daya imajinasi 

Orangtua yang bermain bersama anak, dapat mendorong anak untuk mengembangkan imajinasinya. Misalnya mengembangkan ide-ide baru dengan beragam bahan baku atau material yang ada dirumah. Dengan membebaskan anak untuk berekspresi, ia merasa diberikan kesempatan dan merasa diterima. 

4. Memperkaya kosakata dan wawasan 

Aktivitas bermain bersama memungkinkan orangtua berkomunikasi lebih sering dengan anak-anak, sehingga akan memperluas dan memperkaya kosakata yang dimiliki anak. Anak juga akan lebih berani untuk mengungkapkan perasaan, jika orangtua mau terbuka dalam berkomunikasi saat bermain dengan anak.

5. Membantu anak agar tetap bahagia

Saat bermain, hormone oxytocin dilepaskan. Produksi hormon ini membantu  orangtua maupun anak untuk semakin akrab dan semakin terlibat secara sosial dan emosional. Orangtua dan anak akan sama-sama mampu merasa rileks, terbebas dari stres  dan merasakan bahagia hanya dengan melakukan permainan bersama-sama.

6. Membantu anak merasa berharga

Bermain juga membangun harga diri dan membantu anak memahami peran mereka di dunia. Orang tua dapat membantu membimbing anak-anak mereka melalui proses belajar melalui aktivitas bermain sehingga membentuk rasa percaya diri, konsep diri yang positif dan harga diri yang baik. Hal ini akan menjadi modal utama anak dalam berinteraksi secara sosial. 

 

Nah bagaimana Moms, yuk siapkan waktu setiap harinya untuk bermain bersama anak, karena banyak sekali manfaatnya secara psikologis. Selamat bermain!

Baca Juga