Oleh : dr. Alvin Nursalim

Sebelum tidur adalah waktu yang tepat bagi anak untuk minum susu. Ini sederet manfaat sehatnya.

Susu merupakan salah satu asupan sehat yang wajib dikonsumsi anak setiap hari. Karena si putih yang kaya gizi ini memegang peranan penting pada proses tumbuh kembang anak.

Susu tak hanya baik untuk dikonsumsi saat sarapan pagi, tapi juga menjelang tidur di malam hari. Minum susu secara rutin dan dalam takaran yang sesuai sebelum tidur terbukti dapat mendatangkan sederet manfaat berikut pada anak:

  1. Tidur malam yang nyenyak dan berkualitas

    Apakah anak Anda mengalami kesulitan tidur? Cobalah untuk memberinya segelas susu hangat sebelum tidur. Ini akan membuat anak menjadi lebih relaks, sehingga ia bisa lebih tenang dan siap untuk tidur.

    Tak hanya itu, asam amino tryptophan yang ada dalam susu juga turut meningkatkan kualitas tidur anak Anda. Dengan minum susu sebelum tidur, kadar hormon melatoin dan serotonin di dalam tubuh anak juga akan meningkat. Pada akhirnya, ia akan memiliki siklus tidur dan bangun yang lebih teratur.

  2. Proses tumbuh kembang yang lebih baik

    Susu mengandung sejumlah zat gizi yang dibutuhkan tubuh anak untuk proses bertumbuh dan berkembang. Beberapa zat gizi yang dimaksud, di antaranya:
    • Kalsium
    Bersama dengan vitamin D dan K, kalsium memegang peranan penting dalam proses pembentukan serta pertumbuhan tulang dan gigi anak.
    • Protein
    Protein bermanfaat untuk membantu pembentukan otot, kulit, rambut dan sel-sel di dalam tubuh.
    • Lemak
    Dalam jumlah yang sesuai, lemak sangat baik untuk membantu proses pembentukan struktur membran dan hormon di dalam tubuh.


    Selain yang sudah disebutkan, susu juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, dan C. Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Vitamin C sebagai antioksidan tubuh. Vitamin B bermanfaat untuk metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Dan, vitamin B12 berpengaruh terhadap fungsi darah di dalam tubuh.

    Nah, dengan minum susu sebelum tidur, semua zat gizi di atas lebih mudah diserap oleh tubuh anak. Pada akhirnya, proses tumbuh kembang dan kesehatan tubuh akan terus terjaga dengan baik.

  3. Mencegah stres atau depresi

    Susu mengandung kadar vitamin D yang cukup untuk mendukung produksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi sebagai pengatur mood, nafsu makan, dan tidur. Kekurangan vitamin D berhubungan dengan keluhan cepat lelah dan timbulnya stres maupun depresi.

  4. Mempersiapkan energi untuk pagi hari

    Susu mengandung kalori yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Jadi, dengan rutin minum susu sebelum tidur, anak tidak akan merasa lemas atau kelelahan saat bangun di pagi hari. Ini membuatnya lebih siap untuk bersekolah atau menghadapi sederet aktivitas di hari tersebut.

    Mengetahui adanya sederet manfaat di atas, Anda dianjurkan untuk selalu memberikan segelas susu sapi hangat pada anak, setidaknya tiga puluh menit sebelum tidur. Dengan begitu, tumbuh kembangnya akan menjadi lebih optimal dan anak pun akan lebih siap untuk menghadapi segudang aktivitas di hari berikutnya.

Sumber:

All about milk. Diunduh dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451.php (23 Maret 2018)

Should you really drink milk before going to bed? Diunduh dari https://food.ndtv.com/health/should-you-really-drink-milk-before-going-to-bed-1678489 (23 Maret 2018)