Waspada Tifus Pada Anak, Kenali Gejalanya!

Tifus atau demam tifoid diakibatkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi, dan sebagian kecil juga dapat diakibatkan oleh Salmonella Paratyphi A, B, atau C. Dapat juga ditularkan secara fekal-oral, yakni dari kotoran ke mulut yang dapat terjadi bila kuman dari kotoran diangkut oleh lalat, kemudian meninggalkan kotoran tersebut pada makanan yang akan disantap. Karena itu, kebersihan lingkungan memegang peran yang sangat penting dalam penularan demam tifoid.

Gejala demam tifoid, antara lain demam yang perlahan meningkat setiap hari dan berlangsung lebih dari 7 hari, mual dan muntah, nyeri kepala, nyeri otot dan tulang, lemas, bisa terdapat diare maupun sulit BAB. Yang membedakan demam tifoid dan demam pada DBD adalah dimana demam pada DBD akan langsung tinggi, sedangkan demam tifoid akan naik perlahan.

Jika si Kecil terkena demam tifoid, yang harus dilakukan adalah tirah baring, diberikan asupan nutrisi yang tidak membuat mual dan muntah, terkadang diberikan cairan infus dan harus diberikan antibiotik sesuai anjuran dokter, obat penurun panas, serta pereda gejala lain yang dialami si Kecil. Makanan yang diberikan baiknya dimasak lunak, suhu tidak terlalu panas maupun terlalu dingin, diberikan sering namun dalam porsi kecil. Hindari makanan yang terlalu berlemak maupun berserat tinggi.

Pemulihan kondisi tubuh pasca demam tifoid memang terbilang cukup lama, dapat berkisar antara 1-3 bulan sebelum kondisi tubuh dapat kembali normal. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila si Kecil dapat memperbanyak waktu istirahat dan memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi, untuk mempercepat pemulihan tubuh.

Vaksinasi demam tifoid sudah bisa diberikan pada anak berusia dua tahun ke atas, dan diulang setiap tiga tahun. Namun, hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kembali terkena penyakit tifoid adalah mengkonsumsi makan sehat dan bergizi, olahraga teratur, tidur cukup, hindari stres. Keempat hal tersebut berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, selalu perhatikan kebersihan makanan atau minuman yang dikonsumsi, pastikan makanan tersebut matang dan bersih.

Terima kasih bagi Moms yang telah mengikuti #TemuMimidanDokter pada tanggal 15 Maret 2019. Berikut adalah daftar nama Moms yang akan mendapatkan merchandise dari Ultra Mimi:

Mia Jumiati

Aliez Hardiyanti

Ika Indah Purwati

Bagi ketiga Moms di atas ditunggu segera data lengkap (nama, akun FB, alamat, no hp dan scan ktp) ke ultramimiid@gmail.com dengan subjek “TMD Winner Maret 2019” paling lambat 03 April 2019.

Ikuti terus media sosial Ultra Mimi dan nantikan #TemuMimidanDokter berikutnya ya Moms.