Dermatitis adalah inflamasi atau peradangan pada kulit akibat faktor bawaan (genetik) dan lingkungan. Biasanya bersifat kronik atau jangka panjang. Dermatitis atopik diakibatkan oleh alergi yang sebagian besar dipengaruhi dari riwayat alergi orangtua. Faktor pencetus lainnya bisa dari lingkungan berupa iritan (sabun, detergen), alergen kontak atau hirup (debu, serbuk bunga), mikroorganisme (virus, bakteri, jamur),  dan makanan. Penyakit ini biasanya menyerang anak di awal tahun kehidupan hingga bawah usia 5 tahun yang ditandai dengan gejala bintik-bintik kecil disertai kemerahan dan gatal di daerah pipi dan ekstremitas. Meskipun begitu, dermatitis atopik tetap bisa menyerang hingga dewasa, hanya saja gejalanya berkurang sehingga sering dianggap sudah sembuh.

Pada fase lebih lanjut dan usia yang bertambah, gejala muncul pada lipatan tubuh dan terdapat kulit kering di bagian lain. Selain obat luar (salep, bedak) dan minum sesuai anjuran dokter, Moms juga bisa melakukan perawatan dasar pada dermatitis yaitu menghindari penyebab alerginya, mandi dengan air hangat, potong kuku si kecil, hindari penggunaan sabun pada lipat tubuh, gunakan sabun lembut, keringkan kulit dan gunakan pelembab, asupan gizi baik, ASI.

Selain dermatitis atopik, ada juga yang disebabkan oleh kontak sehingga menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Dermatitis kontak biasanya muncul setelah si kecil kontak dengan suatu zat iritan seperti sabun, detergen, henna pada tato, atau bahkan logam dan karet pada gelang atau jam yang digunakan.

 

Terima kasih bagi Moms yang telah mengikuti #TemuMimidanDokter pada tanggal 12 Juli 2019. Berikut adalah daftar nama Moms yang akan mendapatkan merchandise dari Ultra Mimi:

Andreas Candra

Ning Ovie

Apti Harnili

Bagi ketiga Moms di atas ditunggu segera data lengkap (nama, akun FB, alamat, no hp dan scan ktp) ke ultramimiid@gmail.com dengan subjek “TMD Winner Juli 2019” paling lambat 30 Juli 2019.

Ikuti terus media sosial Ultra Mimi dan nantikan #TemuMimidanDokter berikutnya ya Moms.

Baca Juga