Yuk Kenali Cacar Air dan Cara Menanganinya!

Cacar air atau dalam bahasa medis disebut dengan varisela merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster yang dapat ditularkan melalui udara dan kontak langsung dengan kulit penderita. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka sebagian besar cacar air dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease). Virus cacar air mudah sekali menular pada tubuh yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Gejala utama dari cacar air yang dapat Mom dan Dad kenali adalah demam yang diikuti dengan munculnya ruam merah. Ruam merah ini akan berubah menjadi bintil atau lentingan berisi cairan dengan bentuk dan tekstur yang mudah dikenali. Kondisi tersebut biasanya juga disertai dengan gejala lainnya –seperti nyeri otot dan sakit kepala.

Umumnya, penderita cacar air hanya perlu penanganan di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah istirahat yang cukup dan melakukan upaya agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan pastikan si Kecil mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Selain itu perlu juga untuk menjaga kebersihan kulit agar terhindari dari infeksi kulit dengan tetap mandi  2 kali sehari dan mengeringkan tubuh perlahan dengan menggunakan handuk. Penggunaan bedak atau lotion yang mengandung calamine juga disarankan untuk mengurangi rasa gatal pada tubuh sehingga meminimalisir terjadinya garukan. Jangan lupa untuk memberikan obat penurun demam apabila si Kecil mengalami demam.

Apabila si Kecil sedang mengalami cacar air, hindari mengoleskan ramuan jamu atau parutan jagung muda pada lentingan karena justru dapat menjadikan sumber infeksi baru pada kulit. Untuk saat ini, belum ada bukti penelitian bahwa parutan jagung muda dapat menyembuhkan bekas cacar. Bekas cacar dapat dihilangkan dengan beberapa tindakan medis seperti dengan krim, peeling, laser, maupun dermabrasi. Tetapi tindakan ini harus sesuai dengan hasil pemeriksaan dan dibawah pengawasan dokter spesialis Kulit ya mom.

Dalam pencegahannya, saat ini Mom dan Dad bisa melakukan vaksinasi varisela di fasilitas kesehatan terdekat sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit cacar air. Selain itu jangan lupa ya untuk selalu menjaga daya tahan tubuh si Kecil dan beristirahat yang cukup.

Terima kasih bagi Moms yang telah mengikuti #TemuMimidanDokter pada tanggal 28 Januari 2019. Berikut adalah daftar nama Moms yang akan mendapatkan merchandise dari Ultra Mimi:

1.       Ria Restyowati

2.       Inca Usman Mardan

3.       Ufaira Nur Afifa

Bagi ketiga Moms di atas ditunggu segera data lengkap (nama, nama akun FB, alamat, no hp dan scan ktp) ke ultramimiid@gmail.com dengan subjek “TMD Winner Januari 2019” paling lambat 11 Februari 2019.

Ikuti terus media sosial Ultra Mimi dan nantikan #TemuMimidanDokter berikutnya ya Moms.