Tips Mencegah Penyakit Virus Mumps Penyebab Gondongan

Gondongan atau mumps adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan kelenjar liur pada satu sisi atau dua sisi sekaligus, disertai rasa nyeri. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-15 tahun. Gondongan disebabkan oleh virus paramyxovirus yang ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita gondongan, juga dapat terjadi saat bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita. Gejala dari penyakit gondongan adalah nyeri pada salah satu atau kedua kelenjar liur, demam ringan, dan tidak enak badan. Gejala lain yang mungkin ditemukan adalah pembengkakan atau benjolan yang muncul pada testis pria.

Dalam sebagian besar kasus, semua anak yang menderita gondongan akan pulih total setelah seminggu. Namun, kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Hal ini bisa berakibat pada komplikasi. Komplikasi bisa terjadi pada organ selain kelenjar liur, terutama jika infeksi terjadi setelah masa pubertas. Berikut ini beberapa komplikasi yang bisa menimpa penderita gondongan: Peradangan pada salah satu atau kedua testis, salah satu atau kedua indung telur, peradangan otak atau selaput otak, peradangan pancreas, peradangan ginjal, dan peradangan sendi.

Pencegahan gondongan dapat dilakukan dengan menggunakan vaksin. Vaksin yang digunakan adalah vaksin mumps atau parotitis. Vaksin ini biasanya dikombinasikan dengan vaksin campak dan rubela. Pemberian vaksin pertama dilakukan saat anak berusia 12-15 bulan. Selain pemberian vaksin, Anda juga bisa mencegah gondongan dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti mengurangi konsumsi makanan tinggi garam dan gula, menjauhi makanan bergoreng dan bersantan, berolahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Juga dengan hal sederhana seperti:

- Mencuci tangan menggunakan sabun secara regular

- Menggunakan tisu untuk menutup mulut ketika bersin, lalu membuangnya

- Tidak sekolah atau kerja selama minimal 5 hari setelah gejala anda pertama muncul

 

Terima kasih bagi Moms yang telah mengikuti #TemuMimidanDokter pada tanggal 7 Desember 2018.

Berikut adalah daftar nama Moms yang akan mendapatkan merchandise dari Ultra Mimi:

1. Kina Maheswari

2. Deriah Redcell

3. Dinar Wulan

Bagi ketiga Moms di atas ditunggu segera data lengkap (nama, nama akun FB, alamat, no hp dan scan ktp) ke ultramimiid@gmail.com dengan subjek “TMD Winner Desember 2018” paling lambat 20 Desember 2018. Ikuti terus media sosial Ultra Mimi dan nantikan #TemuMimidanDokter berikutnya ya Moms :)