Metode MPASI yang disebut dengan Baby Led Weaning (BLW) sudah semakin tenar beberapa waktu belakangan. Banyaknya pro dan kontra tentang BLW juga bermunculan. Pengetahuan yang mendalam tentang BLW perlu dimiliki sebelum menerapkannya pada buah hati. Dengan begitu, Anda dapat mencegah timbulnya risiko akibat BLW serta mampu memperoleh manfaat sebesar-besarnya.

Metode BLW dikenal sebagai pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) secara langsung tanpa melalui tahapan pengenalan tekstur makanan terlebih dahulu. Metode ini menerapkan otonomi sepenuhnya pada bayi untuk memimpin dan menentukan apa yang mau dimakannya, sebagaimana proses menyusui yang sepenuhnya ditentukan oleh bayi kapan waktunya. Pada praktiknya, bayi akan memegang sendiri makanan serta memutuskan apakah akan memakannya atau tidak.

Metode BLW dapat diterapkan bila anak telah menunjukkan kesiapan fisik. Misalnya otot leher yang sudah kuat, ditandai dengan leher yang tegak dan stabil. Tidak masalah bila anak masih duduk dengan bantuan. Selain itu, tanda kesiapan fisik lainnya adalah reflex menjulurkan lidah yang sudah berkurang.

Kelebihan metode BLW mencakup kemandirian anak yang lebih tinggi, perkembangan motorik yang lebih cepat (karena koordinasi mata dan tangan bekerja dengan baik). Selain itu anak cenderung tidak menjadi pemilih dan risiko sulit makan berkurang karena anak diberikan kebebasan untuk menentukan asupannya.

Dibalik kelebihan BLW, ketahui pula beberapa kekurangannya. Yang utama adalah risiko tersedak. Tetaplah mengawasi selama bayi makan. Meski metode MPASI Baby Led Weaning memberikan kuasa penuh pada anak, Anda harus tetap mengawasinya secara langsung saat ia sedang menyantap makanannya. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa segera menangani bila terjadi tersedak makanan.

Risiko lainnya adalah kekurangan nutrisi karena kurangnya jumlah makanan yang masuk ke tubuh bayi (terutama kekurangan zat besi). Untuk itu, bila Anda menerapkan metode BLW, pastikan Anda melakukan kontrol pertumbuhan dan perkembangan anak secara rutin setiap bulan.

Memilih metode MPASI yang akan diterapkan pada anak, baik itu Baby Led Weaning atau metode konvensional, adalah hak Anda sepenuhnya. Semua metode pada dasarnya memiliki tujuan yang baik untu pertumbuhan dan perkembangan anak. Jangan sampai lupa bahwa Anda juga harus memastikan beberapa aspek terpenuhi dengan baik, untuk metode apapun yang Anda pilih.

Terima kasih bagi Moms yang telah mengikuti #TemuMimidanDokter pada tanggal 9 Agustus 2018. Berikut adalah daftar nama Moms yang akan mendapatkan merchandise dari Ultra Mimi:

  • Ita Ernawati
  • Lia Arsy
  • Naa Ernaa Kristian
  • Yanii Widya
  • Wulan Nurazizah Muslih

Bagi kelima Moms di atas ditunggu segera data lengkap (nama, nama akun media sosial, alamat, no hp dan scan ktp) ke ultramimiid@gmail.com dengan subjek “TMD Winner Agustus 2018” paling lambat 27 Agustus 2018.

Ikuti terus media sosial Ultra Mimi dan nantikan #TemuMimidanDokter berikutnya ya Moms.