Penulis: Irma Gustiana Andriani, M.Psi, Psi

 

Selama masa pandemi covid-19 informasi berubah dengan cepat sehingga dapat membingungkan dan menakutkan. Sebagai orangtuanya, mungkin mengalami lonjakan kecemasan akibat situasi yang tidak bisa diprediksi ini, apalagi harus menjalankan semua aktivitas hanya di rumah.

 

Akibatnya, anak-anakpun bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman, jika orangtua tidak mampu mengelola kecemasannya. Lalu apa yang harus dilakukan orangtua agar keluarga terbebas dari stres? Karena harapannya selama masa karantina keluarga tetap bisa menyeimbangkan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah.

 

1.     Buatlah jadwal kegiatan harian

Diskusikan bersama anak-anak mengenai hal-hal yang akan dan dapat mereka lakukan. Jadwal menjadi hal yang penting agar anak bisa memahami regulasi harian, sekalipun dirumah saja. Selipkan aktivitas bermain bebas, bermain kreatif, mencoba keterampilan baru untuk membuat anak tetap aktif berkegiatan

 

2.     Berolahraga secara teratur

Berada pada masa pandemi, bukan berarti harus berdiam diri saja ya Mom. Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk melakukan latihan fisik seperti senam dan aerobik bersama. Aktivitas ini dapat membantu melepaskan endorfin (zat alami yang membantu seseorang merasa lebih baik, sehingga bisa mempertahankan sikap positif).

 

3.     Menjaga pola makan dengan nutrsi yang tepat

Stres dapat mempengaruhi kebiasaan makan dan metabolisme tubuh. Untuk itu, orangtua harus membantu anak untuk tetap menjaga asupan makannya, agar imunitas tetap terjaga. Untuk menambah nafsu makan, buatlah variasi camilan yang bergizi dan menarik bagi anak.

 

4.     Batasi akses informasi yang membuat  cemas

Agar Mom dan keluarga tetap dalam keadaan yang tenang, maka coba batasi informasi terkait pandemi karena semakin banyak yang dibaca atau dengar, maka akan semakin buat tidak tenang. Carilah keseimbangan, dengan melakukan update hanya satu atau dua kali sehari, dari sumber yang terpercaya.

 

5.     Bermainlah bersama anak-anak

Misalnya dengan bermain teka-teki, permainan pura-pura atau role play, lakukan perburuan harta karun, membuat project bersama, menata ulang sesuatu, atau membaca buku digital dengan tema-tema yang tidak ada hubunganya dengan pandemi saat ini.

 

6.     Tetap terhubung dengan teman dan keluarga

Lakukan hal yang sama dengan anak-anak. Mom bisa merancang aktivitas virtual play date untuk anak bersama teman-temannya. Jangkau anggota keluarga, teman, dan kolega secara teratur melalui telepon, teks, FaceTime, atau platform virtual lainnya.

 

7.     Lakukan meditasi

Misal yoga atau relaksasi dengan pernafasan dalam. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama anak-anak, sehingga orangtua juga memiliki kesempatan mengajarkan anak bagaimana menenangkan diri ketika mengalami situasi yang kurang menyenangkan.

 

8.     Istirahat dan tidur yang cukup

Kesibukan selama dirumah, mendampingi anak melakukan kegiatan belajar dari rumah, menjalankan pekerjaan dari rumah dan menyelesaikan tugas domestik pastinya akan membuat lelah. Maka, tidur dan istirahat menjadi hal yang paling penting untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima dan terbebas dari stres.

 

 

Sehat selalu ya Moms!

Baca Juga