dr. Reza Fahlevi (redaksi Klikdokter)

Psoriasis merupakan penyakit kronik dan dapat hilang-timbul (kambuh). Bagaimana cara mencegah kekambuhan psoriasis pada anak?

Psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun pada kulit. Penyakit ini memiliki gejala yang berbeda-beda satu orang dengan yang lain. Gejala psoriasis meliputi bercak kemerahan pada kulit yang dilapisi sisik mengilat, kulit kering, pecah-pecah, dan mudah berdarah, kulit terasa gatal atau rasa terbakar, kuku yang tebal dan tidak rata, serta sendi yang kaku atau bengkak.

Tidak hanya pada orang dewasa, psoriasis juga sering dijumpai pada anak. Penyakit ini merupakan penyakit kronik dan dapat hilang-timbul (kambuh). Lantas bagaimana cara mencegah kekambuhan psoriasis pada anak?

Munculnya gejala psoriasis pada anak dapat dipicu oleh berbagai hal dan bervariasi antara satu anak dengan yang lain. Itulah mengapa penting untuk mengetahui apa pencetus munculnya gejala psoriasis pada anak. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya gejala psoriasis pada anak Anda.

Mencegah cedera kulit

Cedera kulit dapat memicu munculnya gejala psoriasis pada sebagian anak. Dalam dunia kedokteran, ini dikenal dengan istilah fenomena kobner. Beberapa cedera kulit yang dapat mencetuskan terjadinya psoriasis adalah cahaya matahari, garukan, dan luka. Itulah mengapa, menjaga kulit anak Anda sangat penting untuk mencegah terjadi cedera kulit.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah cedera kulit antara lain menggunakan tabir surya saat keluar rumah dan menggunakan pelembap kulit pada kulit yang kering. Selain itu, menggunakan losion antiserangga saat akan bermain di halaman dapat membantu mencegah gigitan serangga.

Sebaiknya saat bermain di alam anak menggunakan baju panjang dan sarung tangan. Jika si Kecil mengalami cedera kulit, segera bersihkan dan tutup luka untuk mencegah infeksi.

Mencegah infeksi

Infeksi merupakan salah satu pencetus terjadinya psoriasis. Infeksi dapat memicu sistem imun tubuh, sehingga menimbulkan reaksi peradangan pada kulit. Infeksi yang sering mencetuskan kekambuhan psoriasis pada anak adalah infeksi kulit, telinga, dan saluran napas.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadi infeksi adalah rajin mencuci tangan dan mengurangi paparan terhadap orang yang sedang sakit. Pastikan juga Anda memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan rumah yang baik.

Selain itu, kita dapat menggunakan masker saat berada di jalan raya untuk mencegah hirupan polusi. Jika terjadi infeksi, segera bawa anak ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Menjaga pola makan

Menjaga pola makan juga penting untuk mencegah kekambuhan gejala psoriasis pada anak. Anak yang terlalu gemuk (obesitas) berisiko membuat gejala psoriasis semakin buruk. Itulah mengapa sebaiknya anak dengan psoriasis jangan sampai mengalami obesitas.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari untuk mencegah munculnya gejala psoriasis. Misalnya makanan yang telah diproses, makanan yang mengandung banyak pengawet, dan makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi. Makanan-makanan ini dapat mencetuskan reaksi peradangan.

Selain itu, perhatikan pula kebersihan makanan yang dikonsumsi anak. Mulai dari kesegaran bahan makanan dan pencucian bahan makanan yang benar, kebersihan alat masak dan alat makan, cara memasak yang benar. Dan jangan lupa, ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

Mencegah konsumsi obat sembarangan

Gejala psoriasis juga dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu. Itulah sebabnya, hati-hati memberikan obat secara sembarangan kepada anak ketika sakit.

Jika anak Anda sakit, sebaiknya bawa ke klinik atau rumah sakit. Beri tahu dokter bila si Kecil memiliki psoriasis, agar dokter dapat memberikan obat-obatan yang aman untuknya.

Nah, kini Anda telah mengetahui apa saja hal-hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah kekambuhan psoriasis pada anak. Semoga bermanfaat!