dr. Caessar Pronocitro, M.Sc, Sp.A

Berikan makanan ini kepada anak agar kesehatan matanya selalu terjaga.

Kesehatan mata anak sangatlah penting untuk dijaga. Dengan penglihatan yang baik, maka aktivitas eksplorasi anak pun dapat berlangsung optimal. Karena itu, beberapa kondisi yang dapat mengganggu penglihatan anak perlu diwaspadai.

Pertama adalah cedera saat beraktivitas. Permainan dengan sisi yang tajam maupun olahraga yang menggunakan alat pemukul atau bola dapat saja mencederai mata anak.

Selanjutnya, kondisi medis mata seperti mata kering, degenerasi makula, ataupun glaukoma dan katarak. Risiko menderita penyakit-penyakit tersebut dapat meningkat seiring bertambahnya usia.

Untuk menjaga kesehatan mata anak, penting sekali untuk memperhatikan asupan nutrisinya sehari-hari. Anda tentu telah mengenal manfaat vitamin A untuk kesehatan mata. Zat gizi ini berperan penting dalam menjaga fotoreseptor, yakni sel-sel di dalam mata yang berfungsi mendeteksi cahaya.

Makanan seperti wortel, kale, dan labu mengandung banyak vitamin A. Selain itu, sumber hewani seperti kuning telur dan hati juga kaya akan vitamin ini.

Selain vitamin A, apa lagi nutrisi yang penting untuk kesehatan mata anak? Berikut di antaranya:

  1. Vitamin C
    Vitamin yang juga disebut asam askorbat ini merupakan suatu antioksidan. Risiko terjadinya katarak lebih rendah bila kebutuhan asupan vitamin C tercukupi. Selain itu, vitamin C juga memperlambat terjadinya degenerasi sel pada mata yang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Berbagai makanan mengandung vitamin ini, terutama buah dan sayur, seperti jeruk, pepaya, stroberi, dan paprika hijau.

  2. Vitamin E
    Ini merupakan antioksidan lain yang juga bermanfaat bagi mata. Di dalam mata, terkandung asam lemak dalam jumlah besar. Adanya vitamin E yang cukup dalam tubuh dapat melindungi asam lemak tersebut dari radikal bebas. Bersama dengan vitamin C, vitamin E menjaga kesehatan sel-sel dalam jaringan tubuh. Pemenuhan kebutuhan vitamin E tubuh dapat mencegah degenerasi retina, katarak, dan kebutaan. Bahan makanan seperti kacang-kacangan, minyak sayur, dan ubi kaya akan vitamin E.

  3. Lutein dan zeaxanthin
    Berbagai penelitian menunjukkan manfaat lutein dan zeaxanthin dalam mencegah penyakit mata yang kronis, termasuk katarak. Ini disebabkan oleh peran keduanya dalam melindungi mata dari paparan sinar biru yang berbahaya bagi mata. Untuk mencukupi kebutuhan lutein dan zeaxanthin dari makanan, kale, brokoli, dan bayam dapat menjadi pilihan. Di samping itu, buah-buahan berwarna cerah seperti kiwi dan anggur juga mengandung kedua zat gizi tersebut.

  4. Asam lemak esensial
    Kandungan asam lemak esensial omega-3 ternyata berperan dalam menjaga fungsi retina serta perkembangan mata. Karena itu, anak perlu mendapatkan zat gizi ini dari makanan dalam jumlah yang cukup. Penelitian juga menunjukkan manfaat asam lemak esensial dalam meningkatkan produksi air mata dan mencegah mata kering. Sumber omega-3 yang baik adalah berasal dari ikan salmon, sarden, halibut, dan tuna.
  5. Seng
    Seng merupakan salah satu mineral yang penting. Perannya dalam kesehatan mata adalah sebagai pembawa vitamin A dari hati ke retina untuk menghasilkan pigmen protektif mata. Kekurangan seng dapat menimbulkan rabun senja. Untuk memperoleh zat gizi ini, konsumsi ayam kalkun, kerang, telur, dan serealia dibutuhkan dalam jumlah yang cukup.

 

Menjaga kualitas penglihatan anak merupakan hal yang perlu diingat setiap orang tua. Untuk meningkatkan kesehatan mata, berbagai zat gizi selain vitamin A sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Vitamin C, vitamin E, lutein, zeaxanthin, asam lemak esensial, dan seng adalah beberapa di antaranya.

[RS/ RH]

SEO/Tag: Mata, Anak

Sumber:

https://www.aoa.org/patients-and-public/caring-for-your-vision/diet-and-nutrition
https://www.aao.org/eye-health/news/four-fantastic-foods
https://www.webmd.com/healthy-aging/features/foods-eye-health#1
https://www.healthline.com/nutrition/8-nutrients-for-eyes#section5