Oleh: dr. Reza Fahlevi (Redaksi Klikdokter)

Si Kecil mendengkur setiap malam? Hal tersebut bisa disebabkan radang amandel. Simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya.

Penyakit radang amandel merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi pada anak. Penyakit ini ada yang bersifat akut dan ada yang bersifat kronik. Lalu, ada yang menganggap jika radang amandel bisa menyebabkan si Kecil mendengkur. Namun, benarkah demikian dan apa dampaknya bagi kesehatan si Kecil? Simak ulasannya di bawah ini.

Radang amandel biasanya menimbulkan berbagai gejala berupa demam, nafsu makan turun, nyeri saat menelan, batuk, dan rasa gatal di tenggorokan. Salah satu gejala lain yang juga sering dikatakan berkaitan dengan amandel adalah mendengkur.

Mendengkur merupakan suara yang muncul saat seseorang tidur akibat adanya sumbatan pada saluran napas atas. Karena udara melewati jalan napas yang sempit akibat sumbatan tersebut, maka akan timbul getaran dan akhirnya menjadi suara mendengkur.

Keras-kecilnya suara mendengkur dipengaruhi seberapa banyak udara yang melewati saluran napas tersebut. Selain itu juga dipengaruhi seberapa cepat jaringan tenggorokan mengalami getaran.

 

Mendengkur pada anak dan obstructive sleep apnea syndrome (OSAS)

Mendengkur sebenarnya merupakan hal yang cukup sering terjadi pada si Kecil, namun biasanya mendengkur hanya terjadi sesekali. Misalnya, malam hari setelah si Kecil melakukan aktivitas berat. Akan tetapi, sekitar 10 persen anak mendengkur hampir setiap malam dan hal inilah yang harus dicari penyebabnya.

Mengapa demikian? Mendengkur merupakan salah satu gejala dari penyakit obstructive sleep apnea syndrome (OSAS).  

Si Kecil dengan OSAS akan mendengkur saat tidur dan disertai dengan periode berhenti bernapas sesaat yang terjadi berulang saat si Kecil tidur. Hal ini akan menyebabkan si Kecil sering terbangun (seperti terkejut-kejut) dari tidurnya.

Penyakit OSAS menyebabkan si Kecil kekurangan oksigen saat tidur dan akan membuat kualitas tidur si Kecil menjadi tidak baik. Akibatnya, si Kecil akan mengantuk di pagi hari dan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik di sekolah, sehingga dapat menurunkan prestasi belajarnya.

 

Pembesaran amandel bisa menjadi salah satu penyebab mendengkur

Telah dijelaskan di atas, bahwa mendengkur disebabkan oleh sumbatan pada saluran napas atas saat si Kecil tertidur. Nah, ada banyak hal yang dapat menyebabkan sumbatan tersebut.

Beberapa penyebabnya antara lain adalah obesitas, pembesaran kelenjar adenoid, alergi, asma, penyakit refluks asam lambung, abnormalitas struktur rahang, gangguan saraf, serta pembesaran amandel. Pembesaran amandel sendiri terjadi akibat peradangan amandel yang disebabkan infeksi virus atau bakteri.

Pada peradangan yang bersifat akut, pembesaran amandel hanya terjadi beberapa hari selama proses peradangan berlangsung dan akan menghilang dengan sendirinya setelah peradangan teratasi.

Akan tetapi, infeksi dan peradangan berulang pada amandel dapat menyebabkan ukuran amandel membesar secara bertahap dan menetap. Inilah yang menyebabkan si Kecil mendengkur secara terus-menerus.

 

Apa yang harus dilakukan jika si Kecil mendengkur akibat pembesaran amandel?

Bagaimana jika si Kecil sering mendengkur serta mengalami gejala OSAS seperti yang telah dijelaskan di atas? Sebaiknya Anda membawanya ke dokter spesialis anak atau THT untuk berkonsultasi dan mencari tahu penyebabnya.

Kalau ditemukan penyebabnya adalah karena pembesaran amandel akibat infeksi atau peradangan berulang dengan gejala OSAS yang berat, maka kemungkinan perlu dilakukan tindakan operasi pengangkatan amandel si Kecil. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan sumbatan saluran napas agar si Kecil tidak mendengkur lagi.

Namun, perlu diingat bahwa operasi amandel biasanya tidak dilakukan saat si Kecil sedang mengalami peradangan amandel akut. Jika anak sedang mengalami peradangan amandel akut, maka perlu dilakukan pengobatan terlebih dahulu untuk mengatasi peradangannya, barulah kemudian pengangkatan amandel dapat dilakukan.

Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda tak bisa lagi meremehkan jika si Kecil selalu mendengkur setiap malam. Sebab, hal itu bisa disebabkan oleh radang dan pembesaran amandel. Segera temui dokter spesialis anak atau THT agar si Kecil bisa segera mendapat penanganan yang tepat.