Sudah berbulan-bulan dirumah saja, orangtua perlu berkreasi dengan anak-anak dengan mengembangkan hobi yang nantinya dapat bermanfaat bagi perkembangan fisik dan psikologis. Seringkali orangtua kehabisan ide dalam mendukung anak mengembangkan hobinya. Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi Moms, berikut ada beberapa ide hobi yang bisa moms dan anak-anak lakukan selama dirumah saja :

1. Berkebun

Bila mom mulai menjalankan hobi berkebun, maka ini waktu yang tepat untuk mengajarkan anak, hobi yang sama. Selain bisa memperkenalkan berbagai jenis tumbuhan yang punya banyak manfaat bagi lingkungan, kegiatan berkebun juga dapat membantu menyegarkan pikiran mereka dari kebosanan selama #dirumahaja. Tidak lupa untuk melengkapi mereka dengan topi agar tidak kepanasan dan juga sarung tangan berkebun. Mereka bisa mulai berkebun dengan membantu Anda mengaduk tanah di dalam pot, menyemai bibit, hingga menyiram tanaman. Percayakan mereka dapat melakukan sendiri tugas yang Anda berikan agar anak juga sekaligus belajar soal keteraturan dalam bekerja.

2. Membuat kue (baking)

Anak-anak suka penasaran dan ingin ikut terlibat saat melihat moms sedang memasak. Sehingga tidak ada salahnya mengajak mereka membuat kue atau makanan kecil lainnya yang sederhana dan aman dalam proses pengerjaannya, karena tidak perlu menggunakan terlalu banyak benda berbahaya. Kegiatan ini juga akan merangsang kemampuan motorik halus dan kemampuan visual anak, serta kemampuan kognitifnya.

3. Olahraga

Sangat baik, bagi orangtua mengajarkan anak kegemarannya atau hobi dalam berolahraga. Mulai dari yang paling sederhana jogging, bersepeda, yoga, berenang dan lainnya. Moms bisa mengajak anak-anak ikut berolahraga, dimulai dengan gerakan-gerakan ringan. Ajarkan mereka untuk mengikuti setiap gerakan yang Moms contohkan. Secara tidak langsung, aktivitas tersebut juga mengajarkan mereka memiliki pola hidup sehat sejak dini dengan membiasakan mereka berolahraga.

4. Fotografi

Kegiatan fotografi menjadi salah satu alternatif kegiatan, yang bisa mendorong pengembangan hobi baru bagi anak, mulai dari usia balita. Mulai saja dari menggunakan smartphone yang sederhana. Biarkan anak melakukan eksplorasi terhadap hal-hal yang ada disekitarnya, bisa saja mengambil obyek mainan, orangtua, kakak adiknya atau apapun yang menarik perhatiannya. Hal ini akan melatih kemampuan fokus dan atensinya terhadap hal-hal yang ada disekitarnya.

5. Science

Bermain-main ditaman depan atau belakang rumah, bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anak bisa diajak untuk melakukan eksplorasi terhadap lingkungan. Siapkan saja kaca pembesar, sebagai medianya melakukan riset kecil-kecilan, misalnya memerhatikan serangga, kupu-kupu atau semut yang ia temui di sekitarnya. Hal ini akan mendorong pengetahuan anak dan ketertarikannya pada bidang penelitian.

6. Crafting

Membuat beragam prakarya dengan media yang bervariasi dapat mendorong hobi baru anak dalam bidang kreasi dan imajinasi. Misalnya dengan membuat scrapbook, melukis di beberapa media, membuat mainan dari barang bekas dan lain sebagainya. Hobi membuat crafting juga akan sangat bermanfaat melatih kesabaran anak dan kerja sama jika dilakukan bersama-sama dengan Moms.

Selama di rumah saja, Moms jadi punya lebih banyak waktu bersama anak dan justru ini harus dimanfaatkan dengan baik. Anak-anak juga pasti senang bila orang tuanya lebih sering ‘hadir’ untuk mereka dan mengembangkan hobi bersama. Semangat ya Moms!