dr. Reza Fahlevi

 

Ingin menjaga kesehatan usus dan saluran cerna? Konsumsi camilan yang kaya akan kandungan probiotik.

 

Nutrisi merupakan faktor yang sangat berperan pada proses tumbuh kembang anak. Nah, agar nutrisi yang diberikan dapat sepenuhnya diolah oleh tubuh si Kecil, usus dan kehadiran saluran cerna yang baik adalah sebuah kewajiban. 

 

Perlu Anda tahu, makanan yang masuk ke dalam tubuh anak akan terlebih dahulu diproses secara mekanik maupun enzimatik di dalam saluran cerna (usus). Setelah beberapa saat, proses tersebut akan menghasilkan sejumlah nutrisi yang akan diedarkan ke seluruh tubuh untuk proses metabolisme. 

 

Apabila segala prosesnya berjalan dengan lancar, kebutuhan nutrisi anak akan terpenuhi sehingga tumbuh kembang akan berlangsung dengan sempurna.

 

Sebaliknya, apabila saluran cerna mengalami gangguan, proses pencernaan juga akan bermasalah sehingga nutrisi yang masuk bersama makanan tidak akan sepenuhnya diserap oleh tubuh. Bila kondisinya demikian, anak berisiko mengalami kekurangan nutrisi yang pada akhirnya menyebabkan gangguan tumbuh kembang.

 

Menjaga kesehatan saluran cerna

Salah satu cara menjaga kesehatan usus dan organ pencernaan lainnya adalah dengan mengonsumsi camilan yang mengandung probiotik. Apa itu? 

 

Probiotik adalah bakteri baik yang penting untuk menjaga keseimbangan organisme baik dan buruk yang ada di dalam saluran cerna. Jika keseimbangan ini terjaga dengan sempurna, fungsi usus dan organ pencernaan lainnya tidak akan mengalami gangguan.

 

Lantas, apa saja camilan yang mengandung probiotik dan baik untuk kesehatan usus maupun organ pencernaan lain?

 

  • Yoghurt

Camilan yang satu ini sejak dahulu dikenal sebagai sumber probiotik yang baik untuk saluran cerna. Yoghurt berasal dari susu yang difermentasi dengan bakteri baik, seperti lactobacillus

 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari yoghurt, sebaiknya pilih yang memiliki rasa plain alias tawar. Untuk memperkaya rasa dan supaya anak suka, sajikan yoghurt plain yang ditambah dengan potongan buah segar.

 

  • Susu 

Tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, beberapa produsen susu juga ada yang menambahkan probiotik di dalam produknya. Susu jenis ini biasanya memiliki rasa yang lebih menarik, dengan kebaikan yang lebih unggul dengan produk probiotik pada umumnya.

 

  • Kefir

Kefir mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Jenis asupan yang satu ini berasal dari hasil fermentasi susu kambing, dan merupakan salah satu sumber probiotik yang bisa dijadikan pilihan untuk diberikan pada si Kecil. 

 

  • Tempe

Meski memiliki harga yang relatif murah, tempe kaya akan kandungan gizi yang bisa menunjang fungsi tubuh secara menyeluruh. 

 

Produk olahan kedelai ini juga protein dan kadar probiotik tinggi, sehingga sangat baik untuk menunjang fungsi saluran cerna apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur.

 

  • Kimchi

Kimchi berasal dari fermentasi sayuran, seperti sawi dan sejenisnya. Jenis makanan yang berasal dari Korea ini memiliki kandungan probiotik yang baik untuk menunjang fungsi usus dan organ pencernaan lainnya. 

 

  • Sauerkraut

Mirip dengan kimchi, sauerkraut merupakan fermentasi sayuran seperti kolatau sejenisnya. Karena berasal dari sayuran, makanan ini tidak hanya mengandung probiotik, tapi juga kaya antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

 

Mana yang kira-kira menjadi camilan favorit si Kecil? Meski mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus dan saluran cerna, pastikan Anda tidak memberikan camilan-camilan tersebut secara berlebihan pada si Kecil. Ingat, mengonsumsi segala sesuatunya secara berlebihan dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi kesehatan.

Baca Juga