Gigi Susu Anak Goyang, Haruskah Dicabut?
31 Agustus 2017

 

Penulis : dr. Martha Mozartha

Gigi susu anak goyang, apa yang harus dilakukan oleh orang tua?

Ketika memasuki usia sekolah, biasanya gigi susu anak akan mulai tanggal dan berganti dengan gigi permanen. Sebelum tanggal, umumnya gigi susu akan goyang terlebih dahulu. Saat hal ini terjadi, apa yang sebaiknya dilakukan para orang tua?

Pada dasarnya, gigi susu memiliki peran yang penting dalam proses tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah untuk ‘menyiapkan’ ruangan bagi gigi permanennya kelak.

Gigi susu berjumlah 20 buah dan akan mulai tanggal dalam pola tertentu. Gigi ini pada umumnya mulai tanggap pada usia enam tahun. Dalam keadaan normal, gigi susu akan goyang dan tanggal sendiri secara alami karena adanya dorongan dari gigi permanen di bawahnya.

Namun terkadang hal ini bisa saja tidak terjadi seperti itu. Pada beberapa kasus, gigi permanen telah tumbuh meskipun gigi susunya belum tanggal. Jika demikian, jalan satu-satunya yang dilakukan dokter adalah melakukan ekstraksi atau pencabutan gigi. Biasanya gigi permanen akan tumbuh pada rentang usia 7–21 tahun.

Hal yang penting untuk dilakukan para orang tua adalah berkonsultasi pada dokter gigi. Pilihan perawatan pada setiap anak dapat berbeda –bergantung pada beberapa faktor seperti usia, perkembangan gigi secara keseluruhan, dan hal lain. Pastikan juga untuk memeriksakan gigi anak secara rutin setiap 6 bulan sekali.

(DA/ RH)

Sumber:

http://www.aapd.org/assets/1/25/alsheneifi-23-02.pdf

http://www.ada.org/~/media/ADA/Publications/Files/patient_56.ashx

https://expertbeacon.com/baby-teeth-wait-them-fall-out-naturally-or-get-them-pulled#.WZFrCIUxWEc

 

 

Disclaimer: Artikel di situs ini ditulis sebagai pemikiran & pandangan independen dari penulis artikel. Isi artikel tidak mewakili pendapat atau opini pengelola situs. Hal-hal yang timbul kemudian karenanya diluar tanggung jawab penulis & pengelola situs.

Silahkan login untuk menulis komentar