Charenting
Punya pertanyaan seputar psikologi anak? Psikolog kami Irma Gustiana Andriani, MPsi, Psi, akan membantu menjawab pertanyaan para orang tua sekalian.

 

2016-03-30 10:47:43
Anak saya Tahes berusia 33 bulan. Menurut saya dia anak yang mandiri, karena di saat saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah, dia bermain sendiri dengan mobil-mobilannya atau mainan edukasi yang ada di tab. Tahes jarang bermain di luar rumah, karena teman-teman sebayanya takut sama dia. Tahes sering mendorong temannya sampai jatuh atau memukul temannya dengan mainan yang sedang ia mainkan. Tapi kalau ada temannya yang ngintip di kaca jendela rumah, Tahes bilang, "Cini-cini, masuk, main.” Itu berarti Tahes ingin bermain sama temannya, tapi kenapa saat sudah bermain bersama, Tahes jadi suka mendorong atau memukul ya? Apakah itu wajar? Tapi temannya bisa berbagi mainan dengan Tahes tanpa mendorong atau memukul. Kenapa Tahes berbeda?
2016-03-30 10:46:37
Kadangkala ada rasa khawatir saat anak
bermain, apalagi saat bermain di luar.

Apakah saat bermain anak yang didampingi orangtua, ia tetap dapat melatih kemandiriannya?
2016-03-30 10:45:27
Anakku berumur 20 bulan. Saat ini dia sangat aktif sekali, segala sesuatu bila lost control pasti udah dipanjat atau sudah diacakadul sama dia. Yang buat saya terkadang khawatir, bila bermain terkadang dia tidak mau dijaga atau dibantu.

Yang mau saya tanyakan, pantas gak sih anak seumuran dia bermain di luar lapangan? Permainan apa saja yang bisa melatih kemandirian anak? Bila menyimak cerita saya tadi, apakah anak saya sudah mandiri?
2016-03-30 10:42:57
Saat ini saya memiliki 2 buah hati, yang pertama bernama Ersa berusia 7 tahun dan yang kedua bernama Erisa berusia 6 tahun. Berikut beberapa hal yang ingin saya tanyakan: