Saat libur Lebaran, biasanya anak akan lebih banyak bermain dibanding biasanya.

Selengkapnya >

Penulis : dr. Dyah Novita Anggraini

Bantu anak tetap sehat selama libur Lebaran. Berikut caranya.

Saat libur Lebaran, biasanya anak akan lebih banyak bermain dibanding biasanya. Karena itu, ia membutuhkan daya tahan tubuh yang baik agar anak tetap sehat dan tidak mudah sakit. Jika terserang demam atau batuk-batuk, tentu orang tua yang akan kerepotan.
 
216
 
0
Oleh: dr. Dyah Novita Anggraini

Hari Lebaran menjadi salah satu hari yang ditunggu anak-anak karena kesempatan untuk mencicipi berbagai ragam makanan, minuman dan kudapan. Terutama untuk anak dengan berat badan berlebih, jika tidak diawasi berat badan anak bisa cepat naik. Ikuti beberapa langkah berikut untuk mencegah berat badan anak bertambah saat Lebaran.
 
152
 
0
Penulis: dr. Dyah Novita Anggraini

Mungkin Moms akan bertanya-tanya saat membaca judul di atas, apa mungkin makanan Lebaran ada yang bisa berdampak demikian pada anak? Perhatikan asupan makanan anak saat Lebaran agar tak terkena sakit mag.
 
166
 
0
Masa balita adalah masa yang paling efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan juga kritis pada anak. Di usia ini, kemampuannya dalam mengingat mengenali perbedaan, dan mengobservasi lingkungan mulai berkembang. Mereka mulai aktif bertanya, senang mengamati, berkhayal dan ingin mencoba banyak hal.
 
56
 
0
Agar anak bisa lancar berpuasa seharian, salah satu tindakan yang perlu dilakukan orangtua adalah menyiasati menu sahur yang diberikan.

Salah satu tantangan yang kerap ditemukan saat bulan Ramadan adalah mengajak anak untuk sahur. Bahkan, kerap kali si Kecil menolak untuk makan sahur atau hanya mau makan sedikit. Bagaimana solusi agar anak mau sahur dan kuat puasa seharian?
 
176
 
0
Agar jerih payah anak menahan haus dan lapar seharian terbayar, sajikan menu ini saat waktu buka puasa tiba.

Keberhasilan anak menahan haus dan lapar hingga magrib tiba merupakan sebuah prestasi membanggakan. Tak hanya bagi si Kecil, namun juga orangtua.
 
138
 
0
“Ma, kenapa sih Papa punya kumis?”



“Pa, kok burung bisa terbang ya?”



“Kenapa kalau malam gelap ya, Ma?”



… Dan segudang pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh si kecil. Nah, kadang kala jika orangtua tidak sabar, jawaban yang dilontarkan seringkali kurang memuaskan anak. Apalagi jika orangtua harus buru-buru berangkat kerja, atau lelah ingin segera beristirahat sehingga segala pertanyaan anak jadi seadanya saja diberikan.
 
353
 
0
Apakah anak Moms selalu mengalami kesulitan belajar? Bisa jadi ia mengalami disleksia.

Meski Moms sudah menggunakan berbagai metode ampuh belajar yang Moms ketahui, apakah anak Moms tetap mengalami kesulitan belajar? Jika ya, waspadalah dan jangan abaikan. Mungkin saja ia mengalami disleksia.

Disleksia adalah gangguan kemampuan belajar, seperti membaca dan menulis. Berbeda dengan keterbelakangan mental, disleksia tidak memengaruhi kecerdasan. Bahkan pada beberapa kasus, anak dengan disleksia justru unggul di bidang lainnya, misalnya di bidang kreatif atau problem-solving.
 
307
 
0